Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat Alami

Buah sirsak mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Sementara itu kandungan lain yang terdapat pada buah sirsak adalah Mineral, yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis atau tulang kropos.

Bukan hanya gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.
Jika kita mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak maka kita sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Cara mengolah daun sirsak menjadi obat alami:

Daun sirsak banyak sekali dijual dalam kemasan siap konsumsi, namun apabila anda memiliki pohon sirsak sendiri dirumah maka tidak ada salahnya anda mencoba membuat obat alami ini, Caranya yaitu ambil daun sirsak bagian tengah saja lihat gambar dibawah:

Pengeringan:

Ini adalah tahap paling penting agar daun sirsak dapat menjadi obat yang mujarab, untuk pengeringan sebaiknya hindarkan dari panas matahari dan usahakan jangan terkena air, artinya jangan dijemur diterik matahari maupun jangan dicuci. Lalu bagaimana pengeringan yang tepat? pengeringan yang tepat yaitu dengan cara di angin-anginkan saja selama 4-5 hari didalam suhu maksimal 60%, ambilah alas untuk pengeringan, bisa menggunakan koran maupun kertas karton. Alas koran/karton taruh di lantai ruangan yang tidak terlalu sibuk digunakan kemudian sebarkan daun sirsak diatas alas tersebut hingga 4-5 hari.

Proses membuat resep:

  • Ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas air, minumlah 2 kali setiap harinya 

Artrikel Terkait