Mengenal Lebih Dalam tentang Oracle

Edisi database Oracle
Terdapat beberapa edisi dari database Oracle, dimana masing-masing memiliki fitur yang berbeda, behitupun dengan tipe lisensi dan biayanya. edisi yang dimaksud adalah:

Express Edition
Standard Edition One
Standard Edition
Enterprise Edition

Semua edisi dibuat menggunakan basis kode yang sama. Ini berarti bahwa semua edisi sebenarnya memiliki kode sumber (source code) yang sama, akan tetapi fitu-fitur yang diimplementasikannya saja yang berbeda. Enterprise Edition adalah edisi paling sempurna karena edisi tersebut memiliki semua kelengkapan atau fitur yang ditawarkan, sedang Express Edition memiliki beberapa keterbatasan (hal ini tentu dipengaruhi beberapa unsur "kegratisanya"). Meskipun demikian, untuk mengelola database ukuran kecil dan menengah, Oracle Express Edition masih merupakan pilihan yang tepat.

Oracle Database XE: Oracle Database 10g Express Edition (Oracle Database XE) adalah edisi yang ditujukan untuk keperluan pengelolaan data pada instansi atau perusahaan kecil hingga menengah, dan tanpa biaya (gratis). Oracle Database XE tersedi untuk platform windows 32bit dan sebagian besar distribusi Linux. Berikut adalah daftar keterbatasan Oracle Database 10g Express edition: Kapasitas database maksimum dibatasi hanya dengan ukuran 4GB. Sebenarnya ini sudah merupakan ukuran yang sangat besar jika kita mengelola data-data sederhana, misalnya: dta pegawai pada suatu kantor atau perusahaan kecil.
Hanya memiliki satu database instance.
Hanya menggunakan 1Gb RAM, meskipun dalam komputer bersangkutan memiiki RAM lebih dari itu.
Hanya menggunakan 1 CPU, meskipun kita memiliki lebih dari satu CPU.
Orace Database XE tersedi untuk beberapa sistem operasi, yaitu:

Windows 2000 service pack 4 atau lebih
Windows server 2003
windows XP Professional Service Pack 1 atau lebih
Oracle enterprise Linux 4 dan 5
Red hat Enterprise Linux 3,4, dan 5
Suse SLES-9
Fedora Core 4
Red Flag DC Server 5.0/MIRACLE LINUX V4.0/Haansoft Linux 2006 Server (Asianlinux 2.0 Inside)
Debian 3.1
Orace Database XE cocok digunakan oleh:

Para pengembang aplikasi (developer) yang bekerja menggunakan PHP, Java, .NET, XML, dan aplikasi-aplikasi Open Source.
Para Database Administrator (DBA) yang lebih menginginkan kebebasan.
Independent Software Vendor (ISV) dan vendor-vendor hardware yang memerlukan database untuk didistribusikan tanpa biaya.
Institusi pendidikan dan para pelajar/mahasiswa yang memerlukan database gratis untuk kurikulum atau kegiatan belajar-mengajar mereka.
Ekstensi dalam PHP untuk mengakses Database Oracle: Untuk mendukung akses database Oracle dari lingkungan PHP, PHP sendiri menyediakan dukungan terhadap beberapa ekstensi berikut:

Oracle: Ekstensi ini dirancang untuk para pengembang web yang database-nya masih menggunakan Oracle 7
ODBC: Ekstensi ini dapat digunakan sebagai pilihan lain untuk membangn koneksi antara PHP dan Oracle
PDO: Extensi ini merupakan Application Programming Interface (API) yang menawarkan kemudahan akses database antara PHP dan Oracle. Dengan menggunakan ekstensi ini, kode akan tampak lebih simple (sederhana)
OCI8: Ekstensi ini mendukung paling banyak fungsi yang terdapat didalam Oracle Call Interface (OCI).

Artrikel Terkait