Penyebab Peninjauan Monetisasi Youtube Lama

Masalah peninjauan monetisasi channel youtube terlalu lama bisa disebabkan dari beberapa hal yang nanti akan saya jelaskan dibawah. Saya sendiri memiliki satu channel yang saya buat sejak tahun 2015, kemudian pada tahun 2016 saya mengajukan monetisasi channel dan diterima. Sejak itu penghasilan terus mengalis setiap bulannya hingga pada akhirnya di penghujung tahun 2017 tepatnya bulan Oktober 2017 channel saya terkena dismonetisasi, waktu itu hampir semua akun terkena libas badai dismon termasuk channel saya padahal seluruh konten saya original dan tentunya tidak pernah ada pelanggaran hakcipta maupun yang lain.

Saat terkena dismon waktu itu saya terpaksa harus menunggu hingga tanggal 20 februari 2018 barulah muncul tombol pengajuan ulang, seketika itu saya langsung tekan tombol pengajuan monetisasi, hari demi hari, bulan demi bulan saya sabar menanti sambil sesekali update konten hingga pernah suatu ketika saya menjadi merasa putus asa karena sudah hampir satu tahun belum mendapatkan kabar penolakan maupun diterima, sepanjang saya menanti peninjauan monetisasi statusnya masih sedang ditinjau. Berbagai cara dan informasi saya cari bahkan saya sesekali menghubungi tim youtube melalui akun resminya di twitter namun jawabannya selalu sama yaitu mohon bersabar dikarenakan memang volume antrian pendaftaran monetisasi banyak sekali.

Kemudian di bulan oktober 2019 saya menemukan trik mempercepat monetisasi channel yang terlalu lama menunggu peninjauan yaitu dengan cara ekspor channelnya ke akun gmail baru yang masih fresh dengan data yang baru juga tentunya. Akhirnya saya punya niat mencobanya, saya membuat channel merk atau channel bisnis kemudian channel utama saya pindahkan ke channel merk tersebut, saat itu saya tinggal membuat email baru menggunakan data baru dan berbeda namun karena saya malas harus buat email lagi akhirnya channel tersebut saya kembalikan lagi menjadi channel utama, saat itu saya lakukan pada tengah malam dan paginya malah mendapatkan email bahwa channel saya telah disetujui.

Sebelum saya memindahkan dari channel merk atau channel bisnis waktu itu saya cek semua video saya yang berjumlah sekitar 70 video. Setelan komentar saya tahan semua untuk saya tinjau, seluruh video saya cek deskripsinya yang ada link tautan saya hapus, termasuk seluruh komentar yang mengandung link tautan saya hapus. Beberapa video yang didalamnya ada anak kecil juga saya hapus, memang beberapa video saya tentang anak saya mengajarkan membaca alquran kepada adiknya, meskipun itu menurut saya video yang layak untuk semua usia namun terpaksa saya harus hapus karena kebijakan google sendiri menyarankan jangan membuat konten anak dibawah umur.

Bagaimana cara mempercepat peninjauan channel youtube?

  1. Pastikan sluruh konten videomu original kamu buat sendiri / bukan reupload
  2. Pastikan channelmu tidak ada pelanggaran
  3. Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat
  4. Thumbnail dan judul harus sesuai konten jangan klikbait
  5. Filter semua komentar yang mengandung link tautan sebaiknya dihapus saja
  6. Jangan menyertakan link tautan pada deskripsi bawah video
  7. Jahui konten anak dibawah umur
  8. gunakan musik library dari youtube yang bebas hak cipta jika ingin menggunakan backsound pada videomu
  9. Sesuaikan setelan kategori pada setiap videomu
  10. Terakhir paling penting adalah bersabar dan optimis

Bagaimana cara menghubungi youtube?

  1. Kamu bisa menghubungi atau bertanya melalui akun resmi @teamyoutube di twitter
  2. Gunakan menu beri masukan pada dasbord channelmu, bisa melalui aplikasi maupun browser komputer
  3. Kamu bisa posting masalahmu di forum google, namun biasanya ini lama direspon

Nah itulah yang saya alami dan saya lakukan selama menunggu peninjauan monetisasi channel saya hingga 18 bulan lamanya baru mendapatkan kabar yaitu diterima, untuk lebih jelasnya silahkan lihat curhatan saya pada Video Saya:

Lihat Video Saya Tips Cepat Monetisasi Channel

Atau Video Saya Peninjauan Monetisasi Lama Ternyata Karena Ini

Artrikel Terkait

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense
  • 10 November 2019
Mengatasi Lupa Password Akun Mi
  • 08 November 2019