Syarat Monetisasi Channel Youtube 100% Berhasil

Banyak sekali youtuber yang terkena dampak demonetisasi pada akun channel youtubenya kemudian setelah itu kembali mengajukan permohonan ulang peninjauan monetisasi channel, namun sayangnya peraturan sekarang sangat ketat sehingga tidak sedikit para youtuber yang mengajukan ulang channelnya belum juga mendapatkan kabar persetujuan dari pihak google. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan channelnya masih menunggu peninjauan sejak lama yaitu sekitar 6 sampai 15 bulan.

  1. Penyebab channel belum disetujui
    Alasan kenapa channel kamu belum juga mendapatkan persetujuan setelah sekian lama menunggu adalah kemungkinan adanya beberpa pelanggaran seperti strike atau teguran, untuk itu sebaiknya cek apakah video kamu sudah aman dari pelanggaran tersebut, selain selain banyaknya antrian yang mengajukan monetisasi channel ada, beberapa point penting juga menjadi pertimbangan oleh team youtube untuk memutuskan apakah channel kamu layak untuk bergabung dengan mitra youtube atau program YPP, perhatikan bahwa youtube tidak hanya menganalisa pelanggaran video akan tetapi juga standart komunitas, disinilah point pentingnya kemungkinan beberpa video kamu mendapatkan review atau peringkat buruk, seringkali apabila kita membuka aplikasi youtube pada tab beranda sesekali menemukan video orang lain dengan voting seperti apakah video ini membantu? apakah video ini bermanfaat? dan berikan alasannya, nah disitu mungkin user lain memberikan rating buruk pada videomu. selain itu presentasi like dan dislike juga menjadi salah satu faktor channel kamu lama disetujui.
  2. Syarat agar channel dapat dimonetisasi
    Syarat paling utama adalah kalian harus memahami peraturan dan kebijakan youtube, setelah itu buatlah video yang menarik, bermanfaat atau menghibur. jangan sekali kali membuat konten menyesatkan atau melibatkan anak di bawah umur, sesuaikan kemampuank kamu, disini youtube benar benar menuntut kreatifitas kamu dalam membuat video, membuat video tidaklah sulit jika apa yang kamu buat sesuai hobimu misalnya hobimu memancing maka tidak ada salahnya kamu membuat video kegiatan saat kamu memancing, jangan lupa dan jangan malu untuk menampilkan face kamu dalam video tersebut dan juga berikan narasi yang baik sehingga video kamu benar-benar bermanfaat, menghibur atau menarik. ingat jangan membuat thumbnail dan judul yang menyesatkan atau klikbait.
  3. Cara membuat video yang menarik
    Di era sekarang ini membuat video tidaklah sulit atau bisa dibilang cukup mudah, ini dikarenakan sudah banyaknya penyedia aplikasi editor video yang gratis maupun berbayar, jadi kamu tidak perlu membutuhkan modal besar seperti harus memiliki komputer atau laptop dengan spek tinggi. Cukup menggunakan smartphone kamu kemudian unduh aplikasi video editor di playstore. saya sarankan buatlah video dengan resolusi minimal 1280x720 agar video kamu mendapatkan resolusi HD, video dengan resolusi HD lebih banyak diminati pengunjung ketimbang video dengan resolusi rendah atau burik. sebelum membuat video sebaiknya kamu tentukan dulu alurnya, misalkan kamu ingin membuat video kegiatan memancing di sungai, buatlah alur cerita awal atau video pembukaan, contoh: membuat umpan dulu kemudian lanjut menyiapkan pancing, selanjutnya perjalanan menuju lokasi sungai dan seterusnya. ingat ya tetap membuat video yang ramah bagi semua usia, jangan ada unsur keker4san didalamnya.
  4. Setelan channel youtube
    Setelan channel ini mencakup sluruhnya termasuk setelan deskripsi video dan tag video, ketika kamu mengunggah video kedalam channel kamu, jangan lupa memasukan deskripsinya, ceritakan tentang apa video kamu itu, selain itu masukkan juga tag nya, dan selanjutnya pilih kategori jenis apa video kamu, direkam tanggal berapa, kemudian otoritas komentar atau filter komentar. Jika video kamu dapat dinimati secara internasional maka tidak da salahnya kamu berikan terjemahan juga disana. dan yang terakhir adalah setelan channel kamu, klik sesuaikan channel kemudian ganti sampul channel kamu, juga sesuaikan logo channelmu dan buatlah deskripsi singkat tentang channel kamu disana tulis channel kamu itu membahas tentang apa saja nantinya, kamu juga bisa mengaitkan beberapa link sosial media termasuk link blog atau website kamu.
  5. Mengajukan monetisasi channel youtube
    Peraturan dan kebijakan youtube mewajibkan bagi seluruh pemilik channel mempunyai jumlah 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam jangka 12 bulan terakhir, pastikan channel kamu telah terverivikasi menggunakan nomor telepon yang selalu aktif, jangan menggunakan data diri palsu karena nanti youtube membutuhkan alamat tempat tinggal asli untuk keperluan pengiriman PIN. Setelah subscribe dan jam tayang terpenuhi dan juga pastikan channel maupun video kamu tidak ada pelanggaran maka kamu dapat mengajukan permohonan monetisasi. saat channel kamu sedang ditinjau maka disarankan kamu tetap rutin membuat dan mengunggah video dengan konten menarik, saya sarankan jika mampu 2 kali dalam seminggu atau seminggu sekali upload video baru kamu.
  6. Video yang layak untuk monetisasi
    Video yang layak untuk menghasilkan uang atau monetisasi adalah video bermanfaat bagi orang lain, menarik dan sudah tentu original video tersebut benar benar kamu buat sendiri, jika kamu tidak memiliki backsound musik untuk video kamu jangan panik karena di youtube library telah menyediakan musik yang dapat kamu gunakan tanpa takut terkena pelanggaran hak cipta. Ingat jangan sekali-kali reupload atau upload ulang video milik orang lain karena sekarang youtube sudah canggih dengan fitur barunya yaitu copyright match tool, fitur ini akan mengidentifikasi kecocokan video lain sehingga jika ada yang reupload otomatis akan terdeteksi.

5 point diatas perlu kalian ketahui dan pelajari agar channel kamu dapat dengan cepat disetujui, jika video kamu menarik tentu akan banyak user lain atau pihak youtube merekomendasikan videomu, terlebih apabila videmu banyak yang masuk trending topik. saya sendiri memiliki channel yang terkena dampak dismonetisasi pada akhir tahun 2017, saat itu hampir semua akun terkena meskipun tidak ada pelanggaran, akhirnya saya mengajukan ulang hingga 18 bulan lamanya menunggu namun tidak ada kabar.

Sudah beberapa cara saya lakukan untuk bisa cepat disetujui mulai dari menghapus beberapa video original saya hingga eksport channel ke email akun baru namun hasilnya tetap sama, pada akhirnya saya memutuskan untuk menghapus channel saya dan membuat channel baru, kemudian saya benar-benar membuat video kreatifitas saya sedemikian menariknya dan tentu bermanfaat. Memang sebuah usaha itu tidak akan mengecewakan dan pasti ada hasilnya seperti halnya channel baru saya setelah 7 bulan mampu mendapatkan respon baik yaitu hampir semua videoku mendapatkan like banyak, komentar baik jam tayang melonjak dan jumlah real subscribe sebanyak 2000 akhirnya channel baru saya disetujui setelah menunggu 2 minggu saja sejak pengajuan.

Itulah beberapa syarat dan tips agar channel kamu dapat menghasilkan uang dari youtube, jangan mencari yang instan dan jangan malas dalam membuat konten menarik karena selain kamu bisa mendapatkan income disana kamu juga telah berbagi kebaikan buat orang lain, ya tentu orang lain mungkin akan sangat terbantu solusinya dengan videomu, atau terhibur dengan videomu, pokonya buatlah puas para pengunjung dengan suguhan video menarikmu, kebayang kan jika videonya tidak bermanfaat maka yang terjadi user lain akan berkomentar buruk, merasa kecewa, dan tentu sudah buang-buang kuota hanya untuk melihat video yang unfaedah. Betul apa betul gaess?

Lihat Video Saya Tips Cepat Monetisasi Channel

Atau Video Saya Peninjauan Monetisasi Lama Ternyata Karena Ini

Artrikel Terkait

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense
  • 10 November 2019
Mengatasi Lupa Password Akun Mi
  • 08 November 2019