Keindahan Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Sekilas tentang Green Canyon
Dahulu inexperienced canon bernama Cukang Taneuh, berasal Dari Persian Bahasa Indonesia Sunda rule artinya adalah “jembatan tanah”. Disebut jembatan tanah karena disini terdapat jembatan alami yang dibentuk alam dan berfungsi menghubungkan 2 tebing diatas sungai Cijulang, jembatan inilah yang sering digunakan para petani dan masyarakat setempat untuk menyebrang dari sisi tebing yang satu ke sisi tebing yang lain.

Nama bru Green Canyon sendiri di komersilkan oleh warga negara asing berkebangsaan Perancis. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan, dinding tebingnya yang juga di dominasi oleh tumbuhan-tumbuhan alami berwarna hijau, serta rimbun nya dedaunan yang berasal dari pohon yang tumbuh disepanjang tebing, adalah alasan kenapa tempat rule begitu menakjubkan ini biasa disebut green canon.
Pemandangan indah dari ornamen dinding serta bebatuan alami yang tertata rapi hasil karya alam, menjadi alasan mengapa tempat wisata Green Canyon tidak pernah sepi dari wisatawan.
Lokasi

Berjarak kurang lebih 31km dari Pantai Pangandaran, tepatnya berlokasi didesa Kertayasa, Kecamatan Cijulang Ciamis Jawa Barat, sekitar 45 menit menempuh perjalanan dari Pantai Pangandaran. Untuk mencapai lokasi inexperienced canon, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu Dari Persian dermaga Cukang Taneuh.

Body Rafting
Apa itu Body Rafting?
Seperti kita tahu bahwa “Rafting” adalah sebuah aktivitas mengarungi aliran dan jeram sungai dengan menggunakan perahu karet. Namun dalam aktivitas Body Rafting kita mengikuti aliran sungai tanpa menggunakan perahu, menghanyutkan tubuh mengikuti aliran air di sungai adalah yang dimaksud dengan aktivitas "Body Rafting".

Namun aktivitas body rafting yang kita lakukan lebih bersifat Fun Activity, artinya arus sungai yang kita lalui bukanlah arus yang deras dan berbahaya. Dengan dilengkapi perlengkapan keselamatan lengkap seperti life jacket (rompi pelampung), helm, sepatu khusus air, tentu aktivitas ini sangat aman, nyaman dan menyenangkan untuk dilakukan oleh siapa saja. Tidak perlu harus bisa berenang untuk dapat ikut dalam wisata body rafting. 

Para wisatawan akan dikawal oleh para guide lokal yang cukup ahli dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan selama kegiatan. Jumlah guide pun disesuaikan dengan jumlah orang dalam grup. Setiap lima sampai dengan enam orang di pandu dan dikawal oleh dua orang pemandu, cukup aman kan?

Semi Body Rafting
Berbeda sekali dengan “Full Body Rafting”, semi body rafting diawali dengan naik perahu menuju lokasi Green canyon. Setelah sampai di Lokasi Green Canyon dimana perahu tak lagi dapat melewati alur sungai yang sempit, disanalah wisatawan mulai terjun kedalam air untuk merasakan jernihnya air disini. Wisatawan akan dipandu oleh guide lokal untuk menyusuri lebih jauh kedalam alur sungai yang diapit oleh 2 tebing yang tinggi dan indah ini. Selama dalam perjalanan menyusuri air dan juga berjalan diatas batu-batuan sejauh kira-kira 1km akan mengantarkan kita ke “Kolam Putri” sebagai titik finish kegiatan semi body rafting.

Kolam Putri adalah kolam yang terletak disisi tebing diketinggian sekitar 7 m dari permukaan sungai. Dibutuhkan usaha memanjat tebing untuk dapat melihat dan merasakan langsung air jernih yang terdapat dikolam ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, membasuh wajah dikolam ini dapat membuat kulit wajah lebih bersih, bercahaya dan awet muda.

Dari tempat ini kita kembali ketitik awal dimana perahu berhenti menurunkan kita pada awalnya tadi, dan akan diantar kembali ke dermaga sebagai akhir dari kegiatan Semi Body Rafting.

Artrikel Terkait