Wisata Cagar Alam Pangandaran Jawa Barat

Selain keindahan pantainya, pemandangan sunset dan sun rise nya yang menakjubkan, kehidupan bio laut nya yang beragam, Pangandaran juga terkenal dengan kekayaan alam nya. 

Berlokasi diujung semenanjung Pangandaran terdapat tempat yang bernama Taman Wisata Alam & Cagar Alam Pananjung. Merupakan wilayah cagar alam yang terjaga kelestarian nya hingga saat ini. 

Terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna yang hidup liar di wilayah dengan luas keseluruhan sebesar 470 hektar ini, namun hanya seluas 37 hektar yang dijadikan sebagai taman wisata.

Karena besarnya potensi yang dimiliki oleh cagar alam ini untuk mendukung Pangandaran disektor pariwista, maka pada tahun 1978 cagar alam ini dijadikan sebagai Taman Wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani.

Merupakan hutan sekunder yang ditumbuhi oleh bermacam-macam jenis flora, antara lain: laban (vitex pubescens), kisegel (dillenia exelsa), merong (cratox formoreum), pohon kondang, pohon barringtonia, serta banyak tumbuhan lain yang tumbuh liar di lokasi ini.

Terdapat beberapa gua alami seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal, dan beberapa gua peninggalan Jepang.

Fasilitas
Untuk menjaga kelestarian lokasi wisata ini, pengelola tidak mengizinkan para pedagang makanan dan minuman berjualan di dalam areal wisata. Sebaiknya anda mempersiapkan sebotol minuman dan sedikit makanan kecil sebelum anda memasuki lokasi ini.

Artrikel Terkait